Berwisata ke Nusa Kode, Sebuah Petualangan Baru

shares

Belum banyak yang tahu tentang Nusa Kode yang terletak di propinsi Nusa Tenggara Timur ini, merupakan salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nusa Kode atau berarti pulau monyet yang tak berpenghuni ini berada di balik Pulau Rinca sehingga keberadaanya tak banyak diketahui. Untuk kesana diperlukan waktu sekitar 5 jam perjalanan menggunakan perahu mesin.




Anda juga bisa menjumpai komodo di pulau ini, hanya saja komodo di pulau ini ukurannya lebih kecil dari ukuran komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.Mungkin ada benarnya teori yang mengatakan tentang gigantisme pulau, yaitu ukuran tubuh suatu makhluk hidup menyesuaikan dengan seberapa besar tempat dia berada. Hal ini terkait faktor makanan yang sedikit, jenisnya yang tidak bervariasi dan kompetitior dari individu lain. Selain berlibur, bisa jadi traveling Nusa Kode ini membuka wawasan baru bagi Anda tentang komodo dan habitatnya. Pulau seluas 7.4 km2 dan berada di ketinggian 390 mdpl ini memiliki kontur yang curam dengan bukit-bukit yang menjulang tinggi dan vegetasi yang berupa semak berduri yang lebat. Hutan di sini sangat sulit untuk ditembus. Di sebelah selatan, pulau ini langsung berbatasan dengan samudra Hindia sedangkan di sebelah utara pulau airnya sangat tenang dan terdapat banyak terumbu karang serta berbagai spesies ikan sehingga cocok untuk menyelam. Jika beruntung Anda bisa melihat kawanan lumba-lumba dan ikan pari manta. Nusa Kode termasuk dalam gugusan pulau di Kepulauan Komodo yang ditetapkan sebagai Cagar Alam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Jangan lupa untuk mengabadikan petualangan Anda selama berwisata ke Nusa Kode. Pastikan kamera Anda memiliki cukup memori untuk foto-foto Anda dan mendapat signal internet agar bisa segera mengunggah foto dan meng-update status Anda di sosial media sehingga teman-teman Anda pasti tertarik juga untuk melakukan perjalanan ke Nusa Kode yang memang bukan perjalanan wisata biasa.








Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar