Menaklukan Gili Motang dan menyaksikan Komodo

shares

Tahukah Anda jika Gili Motang merupakan bagian dari gugusan kepulauan Taman Nasional Komodo? Dengan luas sekitar 30 km², pulau ini dihuni sekitar seratus ekor komodo. Pada tahun 1991, Gili Motang bersama-sama dengan kepulauan lainnya di sekitar Pulau Komodo ditetapkan sebagai Cagar Alam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.Wisata ke Gili Motang bisa menjadi salah satu tujuan liburan Anda jika kebetulan Anda sedang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.


Gili Motang memiliki pantai yang dangkal dengan bebatuan di sepanjang garis pantainya  dengan kontur tanah yang  berbukit-bukit dan bersemak. Anda bisa melihat pulau-pulau sekitar dari atas bukit, selain menjumpai banyak komodo di pulau ini karena dengan luas yang hanya sepersepuluh Pulau Komodo namun pulau ini dihuni ratusan ekor Komodo. Penduduk asli pulau ini merupakan pelaut yang berasal dari Bugis dan memiliki keahlian membuat perahu. Selain ke Gili Motang, Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau disekitarnya seperti Nusa Baleh, Nusa Sambi, Nusa Peropa, Nusa Balehkoe, Toro Sambi, dan banyak lagi pulau kecil lainnya. Anda juga bisa menikmati teluk-teluk di sekitar pulau seperti teluk/loho Mpoang, loho Rongkeng, dan loho Mbeku.Memang Wisata ke Gili Motang ini sangat tepat bagi Anda penggemar wisata bahari dan petualangan.

Anda harus memiliki cukup waktu untuk melakukan perjalanan wisata ke Gili Motang ini. Dari Bali Anda bisa menumpang pesawat udara ke Labuan Bajo dan menyewa kapal. Labuan Bajo yang terletak di ujung utara Pulau Flores merupakan salah satu tempat bagi wisatawan untuk menyeberang ke Pulau Komodo, Rinca, dan pulau-pulau disekitarnya. Tak heran jika dengan mudah Anda bisa menyewa kapal yang dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi hingga dapur. Biasanya anak buah kapal juga sudah terlatih untuk memasak dan mengetahui pulau dan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda ingin merasakan pengalaman baru, Anda bisa menyewa dan tidur di kapal selama liburana, namun pastikan Anda membawa cukup perbekalan.







Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar