Menikmati Eksotisme habitat Komodo di Nusa Tenggara Timur

shares


Tidak lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi habitat komodo ketika berlibur ke Nusa Tenggara. Komodo atau yang oleh penduduk asli disebut ora merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, PulauRinca, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara Timur. Di alam bebas komodo dewasa memiliki berat sekitar 70 kilogram dengan panjang sekitar 2-3 meter. Ekor komodo sama panjang dengan tubuhnya dan memiliki sekitar 60 buah gigi dengan panjang sekitar 2.5 cm. Selain bisa, air liur komodo juga memiliki aneka bakteri mematikan di dalamnya.

Untuk mengunjungi habitat komodo, Anda bisa ke Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Setelah menumpang pesawat terbang yang mendarat di Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo, Anda bisa menyewa kapal yang dilengkapi dengan kamar tidur dan dapur untuk mengunjungi Pulau Komodo atau pulau lainnya. Jika Anda tidak memiliki cukup uang, Anda bisa minta diikutsertakan oleh operator tur lokal dalam pelayaran open trip mereka. Anda juga bisa naik kapal penduduk lokal dengan biaya murah, namun umumnya Anda hanya bisa mengunjungi pulau tertentu saja. Sebagai referensi, biaya sewa kapal kapal sederhana dengan kapasitas 5 orang dan lama perjalanan 2 hari 1 malam adalah sekitar Rp 2.5 juta. Untuk kapal yang lebih besar biaya sewa mulai dari Rp 3.5 juta. Jika Anda ingin puas berkeliling, maka 3 hari 2 malam adalah waktu yang ideal. Biaya sewa kapal sudah termasuk makanan dan minuman selama perjalanan.

Anda bisa berkunjung kapan saja asalkan bukan di bulan Juli atau Agustus, karena menurut jagawana dua bulan tersebut merupakan masa kawin komodo sehingga biasanya mereka lebih agresif. Komodo bisa menyerang manusia jika berada terlalu dekat, jarak aman antara manusia dengan komodo adalah 5 meter. Bagi wanita disarankan untuk tidak mengunjugi habitat komodo disaat sedang haid, karena komodo memiliki penciuman yang tajam terhadap darah.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar